Modul Ajar Kimia Materi Laju Reaksi (Kurikulum Merdeka)

 




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BERDIFERENSIASI DAN PENERAPAN KOMPETENSI SOSIAL DAN EMOSIONAL

 

Disusun Oleh:


REZKY KURNIAH SYAM

         229003485010

                                                     MAHASISWA PPG PRAJABATAN 


         UNIVERSITAS  NEGERI MAKASSAR

         TAHUN AJARAN 2022/2023

                                  

A.         Pemetaan Kebutuhan Belajar berdasarkan kesiapan belajar 

Tujuan Pembelajaran: Melalui pembelajaran diferensiasi ini menuntut peserta didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya,peserta didik dapat mengidentifikasi beberapa reaksi kimia yang terjadi disekitar kita mendeskripsikan pengertian laju reaksi, menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.Tabel 1. Pemetaan Kebutuhan Belajar Berdasarkan Kesiapan Belajar Peserta didik

Kesiapan belajar (Readiness)

Peserta didik sudah memahami dan mampu memahami reaksi- reaksi kimia yang terjadi

Peserta didik sudah memahami tetapi        belum         mampu memahami reaksi- reaksi kimia yang terjadi

Peserta didik belum  memahami reaksi- reaksi kimia yang terjadi

Nama Peserta didik

-      Nanda Dhela azzahra

-      Alyaa Iralsyah Hamzan

-      Siti Nur Fauziyyah

-      Dina Paramitha Chandra

-      Rifky Kautsar

-      Andi Aletha Tivarra Aulia.P

-      Sri Wahyu Dewi Setyoroni

-      Zaskia Latifa Rizqi M

-      Amalia Firman

-      Rezyta Jessica Ludong

-      Sri Indah Ramdhani

-      Azzahra Nurrahmah

-      Ifhat Resky Aulia

-      Sitti Fatimah Nikmatullah Ayuzar

-      Hesti Juwita

-      M. Shandria Ady Winata

-      Muhammda Rifqy Al Kautsar

-      Nadila Faliha

-      Zachra Chelsea

-      Muhammad Idham Putra Farcha

-      M. Yan Ramadhan

Proses

Peserta didik diminta untuk menguji pemahaman mereka melalui kuis soal berjenjang tentang reaksi kimia yang terjadi disekitar dan memberi             bantuan kepada teman kelas yang membutuhkan

Peserta didik diberi soal-soal sederhana tentang reaksi kimia yang terjadi disekitar hingga peserta didik mampu menyelesaikan soal dan lanjut pada tingkatan soal yang lebih tinggi dari sebelumnya

Peserta didik diberi konsep untuk memhami reaksi yang terjadi disekitar serta menunjukkan contoh  reaksi yang berjalan cepat maupun lambat

 

Pada bagian ini, saya berusaha mendiferensiasi pembelajaran dengan mempertimbangkan

kesiapan belajar kimia peserta didik.


B.  Pemetaan Kebutuhan Belajar Berdasarkan Minat

 

Tujuan Pembelajaran: Melalui pembelajaran diferensiasi ini menuntut peserta didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya,peserta didik dapat mengidentifikasi beberapa reaksi kimia yang terjadi disekitar kita mendeskripsikan pengertian laju reaksi, menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.Tabel 1. Pemetaan Kebutuhan Belajar Berdasarkan Kesiapan Belajar Peserta didik

 

Tabel 2. Pemetaan Kebutuhan Belajar Berdasarkan Minat

 

Minat

 

Menulis dan Membaca

 

Berbicara

 

Video Maker

Nama Peserta Didik

-      Rezyta Jessica Ludong

-      Sri Indah Ramadhani

-      Muh. Idham Putra Farcha

-      M. Shandria Ady Winata

 

-      Alyaa Iralsyah Hamzan

-      Nanda Dhela azzahra

-      Nadila Faliha

-      Azzahra Nurrahmah

-      Zaskia Latifa Rizqi M

-      Muhammad Rifqy Al Kautsar

-      Amelia Firman

-      Sitti Fatimah Nikmatullah Ayusar

-      Dina Paramitha Chandra

-      Rifky Kautsar

-      Ifhat Resky Aulia

-      Sri Wahyu Dewi Setyoroni

-      Andi aletha Tivarra Aulia P

 

Dijadikan 3 kelompok sebagai perbandingan

-      Hesti Juwita

-      Siti Nur Fauziyah

-      M. Yan Ramdhan

-      Zachra Chelsea

 

 

         Produk

Menyelesaikan tugas dalam bentuk tulisan yang mereka upload dalam bentuk pdf, atau berupa infografis sesuai dengan Minat mereka.

Menyelesaikan tugas dalam bentuk berupa voice note atau rekaman suara mereka menjelaskan penyelesaian soal sesuai dengan Minat mereka.

Menyelesaikan tugas dalam bentuk video rekaman penjelasan soal yang                   mereka

selesaikan.sesuai dengan Minat mereka.

Pada bagian ini, saya berusaha mendiferensiasi pembelajaran dalam penyelesaian tugas/ tagihan dengan mempertimbangkan minat belajar mereka.


C.  Pemetaan Belajar berdasarkan Profil Belajar Peserta didik

 

Tujuan Pembelajaran: Melalui pembelajaran diferensiasi ini menuntut peserta didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya,peserta didik dapat mengidentifikasi beberapa reaksi kimia yang terjadi disekitar kita mendeskripsikan pengertian laju reaksi, menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.Tabel 1. Pemetaan Kebutuhan Belajar Berdasarkan Kesiapan Belajar Peserta didik

Tabel 3. Pemetaan Kebutuhan Belajar Berdasarkan Profil Belajar Peserta didik

Belajar Peserta didik

Sumber belajar, tagihan berupa Teks, gambar

(Visual)

Sumber belajar, tagihan berupa Audio

Sumber belajar, tagihan berupa Video

Nama Peserta didik

-      Rezyta Jessica Ludong

-      Sri Indah Ramadhani

-      Muh. Idham Putra Farcha

-      M. Shandria Ady Winata

 

-      Alyaa Iralsyah Hamzan

-      Nanda Dhela azzahra

-      Nadila Faliha

-      Azzahra Nurrahmah

-      Zaskia Latifa Rizqi M

-      Muhammad Rifqy Al Kautsar

-      Amelia Firman

-      Sitti Fatimah Nikmatullah Ayusar

-      Dina Paramitha Chandra

-      Rifky Kautsar

-      Ifhat Resky Aulia

-      Sri Wahyu Dewi Setyoroni

-      Andi aletha Tivarra Aulia P

 

Dijadikan 3 kelompok sebagai perbandingan

-      Hesti Juwita

-      Siti Nur Fauziyah

-      M. Yan Ramdhan

-      Zachra Chelsea

 

 

Proses

Saat memberikan materi ataupun proses diskusi, guru menyediakan sumberbelajar berupa modul atau buku teks yang mereka sudah miliki             (menunjukkan halaman berapa materi dimuat)

Saat memberikan materi ataupun proses diskusi, guru memberi penjelasan langsung kemudian siswa diminta mendengarkan dan memberi tanggapan atau pertanyaan

Saat memberikan materi ataupun proses diskusi, guru memberikan link YouTube berupa video.

Produk

Peserta didik diberi pilihan cara dalam menyelesaikan tugas/ tagihan mereka terkait tujuan pembelajaran. Mereka dapat memilih bentuk tagihan apakah berupa tulisan yang mereka upload dalam bentuk pdf, atau berupa infografis bagi mereka yang menyukai dan berbakat dalam membuat presentasi, berupa voicenote atau rekaman suara mereka menjelaskan penyelesaian soal, atau berupa video rekaman penjelasan soal yang mereka selesaikan.

Pada bagian ini, saya berusaha mendiferensiasi pembelajaran dalam memberikan materi dan

tugas/ tagihan dengan mempertimbangkan profil belajar peserta didik (Gaya Belajar)


 

 

KSE yang dikembangkan

 

 

Cara Penerapan

 

Tujuan

 

 

Yang Dilakukan Guru

 

Hal penting yang harus disampaikan kepada peserta didik

 

 

 

 

 

 

Kesadaran Diri

Guru memulai dengan kegiatan Rutin membuka dan menutup kelas (salam, memberi apersepsi dan memotivasi peserta didik saat membuka dan berdoa).

-      Berdoa sebagai upaya ibadah kepada ALLah

-      Mengetahui kesiapan belajar peserta didik

-      Memotivasi belajar peserta didik

-      Meningkatkan kemampuan berpikir peserta didik

Guru membuka dan menutup pelajaran dengan salam dan berdoa

Guru memberikan apersepsi dan memotivasi peserta didik sebelum memulai pelajaran dikaitkan dengan materi yang akan dipelajari, yaitu laju Reaksi

Sebelum            kita                          mulai/tutup pembelajaran hari ini, Marilah kita berdoa terlebih dahulu agar ilmu yang akan kita pelajari dimudahkan dan menjadi ilmu yang bermanfaat dan barokah.

Materi yang akan kita pelajari hari ini adalah Laju Reaksi. Guru memberikan gambaran tentang Laju Raksi pada kehidupan sehari-hari dan menyampaikan tujuan pembelajaran.

 

 

 

Pengelolaan Diri

Guru mengajak peserta didik melakukan melakukan teknik bernafas dengan kesadaran penuh untuk memusatkan perhatian. (Terintegrasi dalam

pembelajaran)

- Melatih konsentrasi siswa dan fokus pada tujuan pembelajaran hari ini.

 

-Guru meminta peserta didik menonton sebuah video pembelajaran.

-Guru meminta peserta didik menarik nafas secara teratur untuk menenangkan diri supaya dapat berkonsentrasi.

Silahkan kalian menarik nafas dalam- dalam dan keluarkan secara perlahan. Atur pernafasan kalian, Tenangkan diri kalian, dan mulailah fokus. Siap mengikuti pelajaran hari ini?

 

 

Keputusan yang Bertanggung Jawab

Guru mengingatkan kembali                           tentang kesepakatan kelas yang sudah dibuat. (Rutin) Guru membuat rangkuman /simpulan pelajaran tentang hal-hal penting yang muncul      dalam  kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan, kemudian menyampaikan garis besar materi pembelajaran berikutnya. Dan, merefleksikan hasil yang didapat dalam pembelajaran hari ini dan mengevaluasi kekurangan untuk memperbaiki diri di pembelajaran berikutnya. (Rutin dan Terintegrasi

dalam pembelajaran )

-      Membantu guru dalam melakukan bentuk penilaian terhadap kemampuan    peserta didiknya.

-        Membantu guru dalam memilih bentuk evaluasi selanjutnya.

-Guru mengingatkan kesepakatan kelas yang sudah dibuat, seperti saling menghargai perbedaan, tepat                    waktu,                    disiplin mengumpulkan tugas dll).

- Guru menanyakan hal-hal apa saja yang sudah kita pelajari hari ini, hal apa yang menarik, hal apa yang masih kalian bingungkan, dan apa kesimpulan pelajaran hari ini?

- Sebelum masuk diskusi dengan kelompok yang sudah terbentuk, Ibu mengingatkan kembali tentang kesepakatan kelas kita, Mohon tetap dilakukan dan jangan dilanggar

yaa...Apakah kalian masih ingat?

-Peserta didik diminta menuliskan umpan balik sebagai evaluasi pembelajaran hari ini, menuliskan secara jujur kelebihan dan kekurangan diri serta motivasi apa agar ia bisa memperbaiki dirinya untuk pembelajaran selanjutnya.


 

 

 

 

 

 

Kemampuan Berelasi

Meminta peserta didik untuk memberi tanggapan, baik pertanyaan   ataupun jawaban  terhadap pertanyaan yang muncul dari materi operasi aljabar pada suku banyak. (Terintegrasi dalam pembelajaran)

-      Saling berbagi informasi dan tanggap terhadap masalah orang lain.

-      Saling bertukar pikiran untuk menyelesaikan masalah

-      Guru meminta peserta didik membaca materi yang ada di buku Paket atau memutar video pembelajaran di link youtube.

-      Guru meminta siswa menyampaikan segala permasalahan.

-      Guru meminta siswa lain mendengarkan, menanggapi atau menjawab masalah tersebut.

Semua peserta didik perlu menjadi pendengar yang baik, menghormati setiap pertanyaan yang disampaikan, menghargai pendapat/jawaban peserta didik lain.

Peserta didik yang pintar tidak boleh pelit informasi dan harus menularkan ilmunya untuk teman lain. Karena kita makhluk sosial kita suatu saat pasti membutuhkan bantuan orang lain sehingga kita harus saling membantu teman yang kesulitan asalkan saat yang baik bukan waktu

ulangan.

 

 

 

 

Kesadaran Sosial

Presentasi Kelompok

(Terintegrasi dalam pembelajaran)

-      Saling tukar ilmu atau ide

-      Belajar berkomunikasi sosial serta cara berinteraksi sosial yang baik antar teman

-      Belajar                   saling menghormati         dan menghargai perbedaan

pendapat

- Guru                      mempersilahkan perwakilan dari setiap kelompok                                    untuk

mempresentasikan            hasil pekerjaannya.

Setiap peserta didik harus bisa mengapresiasi, menghormati dan menghargai pendapat dari kelompok lain. Jika, memang perlu adanya pertanyaan atau tanggapan, sampaikan dengan cara yang sopan, bukan menghakimi kesalahan atau sengaja menguji kemampuan kelompok lain.


Sekolah                        : SMAN 2 Makassar

Kelas / Semester         : XI/ Ganjil

Fase                             : F

Tahun pelajaran           : 2022-2023

Topik                           : Laju Reaksi

Alokasi Waktu             : 5 JP ( 2 Kali Pertemuan)

                    (2 Kali Pertemuan @ 2JP x 45 Menit

 

A. INFORMASI UMUM

Identitas Penulis Modul

Rezky Kurniah Syan, S.Pd

Kompetensi Awal

Kompetensi Awal yang harus dimiliki sebelum mempelajari  pokok bahasan ini yaitu peserta didik telah:

1. Mempelajari reaksi-reaksi kimia

2 Mempeljari termokimia

Profil Pelajar Pancasila

Gotong royong, bernalar kritis dan kreatif

Sarana dan Prasarana

Modul, bahan ajar, Laptop, Smart TV, internet, alat tulis,  karton untuk media lapbook dan Gawai

Target Peserta Didik

100% Peserta didik kompeten

Jumlah Peserta Didik: 21 Orang di XI Mia 4

Rasionalisasi

Urutan Materi Pembelajaran

Pengertan Laju Reaksi

Faktor-faktor yang mempengaruhi Laju Reaksi

Model Pembelajaran

Deferensiasi Learning dengan Alur MERDEKA

Metode Pembelajaran

Alur Merdeka, Diskusi, prenstasi, unjuk kerja Penugasan, tanya jawab, dan assesmen

 

B. KOMPETENSI INTI

Topik

Laju Reaksi

Elemen

Pemahaman Kimia dan keterampilan Proses

Capaian Pembelajaran

Peserta didik mampu menerapkan operasi matematika dalam perhitungan kimia; mempelajari sifat, struktur dan interaksi partikel dalam membentuk berbagai senyawa; memahami dan menjelaskan aspek energi, laju dan kesetimbangan reaksi kimia; menggunakan konsep asam-basa dalam keseharian; menggunakan transformasi energi kimia dalam keseharian; memahami kimia organik. Peserta didik mampu menjelaskan penerapan berbagai konsep kimia dalam keseharian dan menunjukkan bahwa perkembangan ilmu kimia menghasilkan berbagai inovasi. Peserta didik memliki pengetahuan Kimia yang lebih mendalam sehingga menumbuhkan minat sekaligus membantu peserta didik untuk dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya agar dapat mencapai masa depan yang baik. Peserta didik diharapkan semakin memiliki pikiran kritis dan pikiran terbuka melalui kerja ilmiah dan sekaligus memantapkan profil pelajar pancasila khususnya jujur, objektif, bernalar kritis, kreatif, mandiri, inovatif, bergotong royong, dan berkebhinekaan global

Tujuan Pembelajaran

KH 1

Peserta didik dapat mengidentifikasi beberapa reaksi kimia yang terjadi disekitar kita

KH 2

Peserta didik dapat mendeskripsikan pengertian laju reaksi

KH 3

Peserta didik dapat menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi melalui media lapbook dan presentasi

Kata Kunci

Reaksi kimia, laju reaksi dan factor-faktor laju reaksi

Pemahaman Bermakna

Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik mampu membedakan reaksi cepat dan reaksi lambat, serta mengetahui factor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.

Pertanyaan Pemantik

1.      Pernahkah kalian menyeduh teh dengan air panas kemudian ditambah gula? Coba bandingkan jika kalian menyeduh teh dengan air dingin kemudian ditambah gula, teh yang manakah yang gulanya akan larut duluan? Coba jelaskan mengapa hal tersebut bisa terjadi? Kemukakan alasan kalian!

2. Apa yang kalian ketahui tentang laju reaksi?

Persiapan Pembelajaran

1. Mempersiapkan bahan ajar terkait (Buku dan/atau bahan ajar lainnya seperti video pembelajaran maupun podcast);

2. Menyalakan smart TV untuk menampilkan slide atau video pembelajaran yang terkait;

4. Mempersiapkan lembar penilaian/assesmen;

5. Mempersiapkan materi pengayaan dan remedial;

6. Mempersiapkan perangkat assesmen.

Rencana Assemen

Assesmen Formatif:

1.      Asesmen Diagnostik awal

2.      Asesmen Formatif Proses

Assesmen Sumatif : Soal pilihan ganda

 

Pertemuan ke 1

Model Pembelajaran Deferensiasi Learning

Kegiatan Pendahuluan

Aktivitas Guru

Waktu

Aktivitas Peserta Didik

      Guru memulai dengan kegiatan rutin membuka kelas (salam, berdoa, mengecek kehadiran memberi apersepsi dan memotivasi  peserta didik).

      Guru mengajak peserta didik melakukan teknik bernafas dengan kesadaran penuh untuk memusatkan perhatian.

       Guru menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh.

5 menit

·         Membaca doa, menunjukkan kehadiran, dan memperhatikan hal yang disampaikan guru

·         Melakukan teknik bernafas dengan kesadaran penuh untuk memusatkan perhatian.

 

 

Menyampaikan tujuan pembelajaran yang terkait materi pembelajaran

 

Menulis tujuan pembelajaran


Kegiatan Inti/Pembelajaran


Kegiatan Penutup

Aktivitas Guru

Waktu

Aktivitas peserta didik

1.      Menutup pembelajaran dengan kegiatan refleksi

2.      Berdo’a dan menyampaikan materi pertemuan selanjutnya

15 menit

Melakukan refleksi dan berdo’a

 


ASSESMEN

Asesmen Pembelajaran

a. Asesmen Formatif

1.    Asesmen Diagnostik awal

Jenis

Bentuk

Tujuan Pembelajaran

Kognitif (kemampuan awal)

Tes tertulis melalui quiziz

https://quizizz.com/admin/quiz/636301a924cf04001e2eaaba?source=quiz_share

 

1.      Mengidentifikasi reaksi yang berjalan cepat dan reaksi yang berjalan lambat melalui pengamatan reaksi sederhana di kehidupan sehari-hari.

2.      Menjelaskan pengertian laju reaksi dengan mengaitkan rumus konsep laju.

3.      Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi melalui pengamatan reaksi sederhana dengan mengaitkan literatur yang telah dikaji.

Non Kognitif

Gaya belajar (https://bit.ly/3sQRbfY)

 

Visual, Audiotory, Kinestetik

Sarana dan prasarana

 Smartphone dan jaringan

Motivasi Belajar

 (https://forms.gle/N5tU8xgjbf1vdEVv7)

 

 

Tinggi, sedang, rendah

Minat pembuatan karya

Mind       map,     podcast,               slide presentasi,               video,   infografis,

makalah/ artikel.

 


2.    Asesmen Formatif Proses

a)      Proses Diskusi

Tujuan Pembelajaran

Bentuk/Teknik Penilaian

Panduan penilaian

Melalui diskusi kelompok peserta didik mampu mengidentifikasi reaksi yang berjalan cepat dan reaksi yang berjalan lambat

Kajian literatur, penugasan, presentasi hasil karya

Penilaian dari Guru

Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat menjelaskan pengertian laju reaksi dengan mengaitkan rumus konsep laju reaksi

Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu mengidentifikasi faktor-faktor laju reaksi yang mempengaruhi laju reaksi.

 

b)      Proses presentasi

 

No.

 

Indikator Penilaian

Kriteria Penilaian

Kurang

(1 poin)

Cukup

(2 poin)

Baik

(3 poin)

Sangat Baik

(4 poin)

1

Sistematika Presentasi

Materi presentasi diajukan secara tidak runtut dan tidak sistematis

Materi presentasi Diajukan secara  kurang runtut dan tidak sistematis

Materi presentasi diajukan secara runtut tetapi kurang

sistematis

Materi presentasi diajukan secara runtut dan  sistematis

2

Penggunaan bahasa

Menggunakan bahasa yang baik, kurang baku, dan tidak terstruktur

Menggunakan bahasa yang baik, kurang baku, dan terstruktur

Menggunakan bahasa yang baik, baku, tetapi kurang terstruktur

Menggunakan bahasa yang baik, baku dan terstruktur

3

Kejelasan menyampaikan

Artikulasi kurang jelas, suara tidak terdengar, bertele-tele

Artikulasi jelas, suara terdengar,        tetapi bertele-tele

Artikulasi kurang jelas, suara terdengar, tidak bertele-tele

Artikulasi jelas, suara terdengar, tidak bertele-tele

4

 Komunikatif

Membaca       catatan  sepanjang menjelaskan

lebih banyak menatap catatan saat menjelaskan dari pada audiens

lebih banyak menatap audiens saat menjelaskan dari pada catatan, tanpa ada gestur tubuh

 lebih   banyak

menatap audiens saat menjelaskan dari pada catatan, dan menggunakan gestur yang membuat   audiens

 memperhatikan

 

Kebenaran Kinser

Menjelaskan 1 dari 4 konsep esensial dengan benar

Menjelaskan 2 dari 4 konsep esensial dengan benar

Menjelaskan 3 dari 4 konsep esensial dengan benar

Menjelaskan seluruh konsep esensial dengan benar

c)      Asesmen ketercapaian tujuan pembelajaran

Soal pilihan ganda menggunakan quiziz

https://quizizz.com/admin/quiz/638c644b1f0cc3001d0b4264?source=quiz_sha

Refleksi

                

Refleksi Guru

Refleksi Peserta Didik

Bagaimana perkembangan pengetahuan peserta didik setelah anda melakukan pengajaran?

Hal baru apa yang Anda peroleh setelah mengalami proses pembelajaran?

Bagaimana tanggapan peserta didik terhadap materi ajar yang disampaikan

Bagaimana perasaan Anda selama proses pembelajaran dilaksanakan?

Bagaimana perasaan Anda ketika mengajar dan berinteraksi dengan orang lain?

Hal apa yang belum Anda pahami dari materi yang disampaikan?

Kendala apa yang Anda alami ketika melakukan proses pengajaran?

Hal apa yang ingin Anda pahami lebih mendalam?

Apa yang ingin Anda lakukan pada proses pembelajaran selanjutnya?

Metode pembelajaran apa yang paling Anda senangi?

Dalam hal apa peserta didik mengejutkan Anda hari ini?

 

 

Seberapa jauh peserta didik dapat mengerti pembelajaran hari ini?

 

 

Bagaimana cara Anda berkomunikasi dengan peserta didik Ketika mengajar dan dengan orang lain hari ini dan bagaimana cara agar Anda bisa berkomunikasi lebih baik?

 

 

 

Pengayaan

1.    Materi

a.       Melihat video faktor-faktor laju reaksi secara mendalam melalui link berikut;

https://www.youtube.com/watch?v=QtJbSSXfWLk

https://www.youtube.com/watch?v=JWRH5mibIws

b.     Menonton praktikum virtual mengenai faktor-faktor laju reaksi melalui link https://www.youtube.com/watch?v=PH4LpoiXE0Y

https://www.youtube.com/watch?v=GCt-qM0WW-4

c.      Mendengarkan podcast pembelajaran kimia

https://open.spotify.com/episode/3y8Q1noQX9KRxvuhTWbVkh?si=Imo9A31BROi8K_9NcKzT3Q&utm_source=copy-link

https://open.spotify.com/episode/32CzoHPp3C8P7U6vJPG2BL?si=nOgYiJMBRDeRW

 

2.    Evaluasi

Mengerjakan soal game pada link https://wordwall.net/id/resource/5630612/game-laju-reaksi-kimia

Remidial

1.    Materi

a.       Peserta didik diberikan rangkuman mengenai faktor laju reaksi baik itu berupa mind mapping dan infografis melalui  https://id.pinterest.com/pin/585819864038690550/

b.      Menonton video pembelajaran https://www.youtube.com/watch?v=eZxtSQz1gE4&t=121s

c.      Mendengarkan podcast pembelajaran kimia

https://open.spotify.com/episode/3y8Q1noQX9KRxvuhTWbVkh?si=Imo9A31BROi8K_9NcKzT3Q&utm_source=copy-link

https://open.spotify.com/episode/32CzoHPp3C8P7U6vJPG2BL?si=nOgYiJMBRDeRW

2.    Evaluasi

a.       Mengerjakan soal berbasis game melalui https://wordwall.net/resource/3474740/game-laju-reaksi

 

Aktivitas Peserta Didik

Aktivitas peserta didik dapat dilihat pada LKPD yang terlampir. Peserta didik melaksanakan pembelajaran alur merdeka dan mendiskusikan pertanyaan berikut:

1.    Apa itu laju reaksi

2.    Jelaskan faktor-faktorlaju reaksi


Daftar Pustaka/ Daftar Bacaan untuk Guru dan Siswa


Audio pembelajaran reaksi cepat dan reaksi lambat, serta pengertian laju reaksi https://open.spotify.com/episode/3y8Q1noQX9KRxvuhTWbVkh?si=Imo9A31BROi8K_9NcKzT3Q&utm_source=copy-link

Audio pembelajaran  faktor-faktor laju reaksi

    https://open.spotify.com/episode/32CzoHPp3C8P7U6vJPG2BL?si=nOgYiJMBRDeRW-xIcGYoCA&utm_source=copy-link

Video pembelajaran https://www.youtube.com/watch?v=eZxtSQz1gE4&t=121s

Video pembelajaran https://www.youtube.com/watch?v=pRWSzuruS5s

Video Pembelajaran https://www.youtube.com/watch?v=QtJbSSXfWLk

Video pembelajara https://www.youtube.com/watch?v=JWRH5mibIws

Infografis pengertian laju reaksi https://id.pinterest.com/pin/585819864038690550/

Sriyanto, Wahyu. 2020. Modul Pembelajaran Kimia SMA Kelas XI. Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. XI_Kimia_KD 3.6_Final.pdf

Sucipto. 2019. E-Modul Kimia Kelas XI. Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kelas XI_Kimia_KD 3.6.pdf

Jurnal Kimia

http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/Kimia/article/view/2297

https://staff.ui.ac.id/system/files/users/tania.surya/publication/kinetikareaksi.pdf

http://jtk.unsri.ac.id/index.php/jtk/article/view/137

penilaian

Rubrik Penilaian Produk Infografis (Visual)

Petunjuk:

1.      Mohon memberi tanda centang (√ ) pada angka – angka 1, 2, 3, atau 4 di bawah kolom skor berikut ini untuk memberikan skor penilaian terhadap produk yang dibuat oleh peserta didik pada tiap aspek yang diobservasi.

2.      Kriteria

·         Skor 1 : Sangat Kurang Baik

·         Skor 2 : Kurang Baik

·         Skor 3 : Baik

·         Skor 4 : Sangat Baik

3.      Identitas peserta didik

Nama Peserta Didik        :……………………………………

Kelas                               :……………………………………

 

Indikator Penilaian

Skor

 

1

2

3

4

 

A.    Tampilan

1.      Tipe

 

 

 

 

 

2.      Layout Desain Infografis

 

 

 

 

 

3.      Visualisasi

 

 

 

 

 

4.      Font

 

 

 

 

 

5.      Warna

 

 

 

 

 

B.     Materi

1.      Isi

 

 

 

 

 

2.      Topik

 

 

 

 

 

3.      Arus informasi

 

 

 

 

 

4.      Referensi

 

 

 

 

 

 

RUBRIK PENILAIAN PRODUK REKAMAN (AUDITORI)

Petunjuk:

1.      Mohon memberi tanda centang (√ ) pada angka – angka 1, 2, 3, atau 4 di bawah kolom skor berikut ini untuk memberikan skor penilaian terhadap produk yang dibuat oleh peserta didik pada tiap aspek yang diobservasi.

2.      Kriteria

·         Skor 1 : Sangat Kurang Baik

·         Skor 2 : Kurang Baik

·         Skor 3 : Baik

·         Skor 4 : Sangat Baik

3.      Identitas peserta didik

Nama Peserta Didik        :……………………………………

Kelas                               :……………………………………

Indikator Penilaian

Skor

1

2

3

4

A.     Pengorganisasian Penyajian

1.       Kesesuaian penyajian dengan topik

 

 

 

 

2.       Penggunaan waktu penyajian secara efektif

 

 

 

 

3.       Penyajian materi dilakukan secara teratur dan berurutan

 

 

 

 

4.       Penampilan penyajian

 

 

 

 

5.       Artikulasi penyajian

 

 

 

 

B.      Komunikasi

1.       Penyaji berbicara dengan jelas dan lancar

 

 

 

 

2.       Menguasai materi yang disampaikan

 

 

 

 

C.     Materi

1.       Kelengkapan isi

 

 

 

 

2.       Kelengkapan konstruksi

 

 

 

 

3.       Orisinalitas

 

 

 

 


RUBRIK PENILAIAN PRODUK VIDEO (KINESTETIK)

Petunjuk:

1.        Mohon memberi tanda centang (√ ) pada angka – angka 1, 2, 3, atau 4 di bawah kolom skor berikut ini untuk memberikan skor penilaian terhadap produk yang dibuat oleh peserta didik pada tiap aspek yang diobservasi.

2.      Kriteria

·         Skor 1 : Sangat Kurang Baik

·         Skor 2 : Kurang Baik

·         Skor 3 : Baik

·         Skor 4 : Sangat Baik

3.      Identitas peserta didik

Nama Peserta Didik        :……………………………………

Kelas                               :……………………………………

Indikator Penilaian

Skor

1

2

3

4

A.    Narasi Video

1.      Permasalahan yang ditampilkan berhubungan dengan materi

 

 

 

 

2.      Penyajian menarik

 

 

 

 

B.     Kualitas Video

1.      Resolusi gambar baik

 

 

 

 

2.      Gambar berwarna

 

 

 

 

3.      Audio jelas

 

 

 

 

C.     Isi Materi

1.      Poin – poin penyampaian mencakup keseluruhan materi

 

 

 

 

2.      Alur poin materi jelas

 

 

 

 

3.      Sumber materi akurat

 

 

 

 

D.    Kualitas Bahasa

 

 

 

 

1.      Menggunakan bahasa mudah dipahami

 

 

 

 

2.      Kalimat mudah dipahami

 

 

 

 

3.      Teratur

 

 

 

 

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.