RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BERDIFERENSIASI DAN PENERAPAN KOMPETENSI SOSIAL DAN EMOSIONAL
Disusun Oleh:
REZKY KURNIAH
SYAM
229003485010
MAHASISWA PPG PRAJABATAN
A. Pemetaan Kebutuhan Belajar berdasarkan kesiapan belajar
Tujuan Pembelajaran: Melalui pembelajaran diferensiasi ini menuntut
peserta didik untuk mengamati (membaca) permasalahan,
menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya,peserta didik dapat mengidentifikasi beberapa reaksi kimia yang
terjadi disekitar kita mendeskripsikan pengertian laju reaksi, menjelaskan
faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.Tabel 1. Pemetaan Kebutuhan Belajar Berdasarkan Kesiapan
Belajar Peserta didik
Kesiapan belajar (Readiness) |
Peserta didik sudah memahami dan mampu memahami
reaksi- reaksi kimia yang terjadi |
Peserta didik sudah memahami tetapi belum mampu memahami reaksi- reaksi kimia yang terjadi |
Peserta
didik belum memahami
reaksi- reaksi kimia yang terjadi |
Nama Peserta didik |
- Nanda
Dhela azzahra - Alyaa
Iralsyah Hamzan - Siti
Nur Fauziyyah - Dina
Paramitha Chandra - Rifky
Kautsar - Andi
Aletha Tivarra Aulia.P |
- Sri
Wahyu Dewi Setyoroni - Zaskia
Latifa Rizqi M - Amalia
Firman - Rezyta
Jessica Ludong - Sri
Indah Ramdhani - Azzahra
Nurrahmah - Ifhat
Resky Aulia - Sitti
Fatimah Nikmatullah Ayuzar |
- Hesti
Juwita - M.
Shandria Ady Winata - Muhammda
Rifqy Al Kautsar - Nadila
Faliha - Zachra
Chelsea -
Muhammad Idham Putra Farcha - M.
Yan Ramadhan |
Proses |
Peserta didik diminta untuk
menguji pemahaman mereka
melalui kuis soal berjenjang tentang
reaksi kimia yang terjadi disekitar dan memberi bantuan
kepada teman kelas
yang membutuhkan |
Peserta
didik diberi soal-soal sederhana tentang reaksi kimia yang terjadi disekitar hingga peserta didik mampu menyelesaikan soal dan lanjut pada tingkatan soal yang lebih tinggi
dari sebelumnya |
Peserta didik diberi konsep
untuk memhami
reaksi yang terjadi disekitar serta menunjukkan contoh reaksi
yang berjalan cepat maupun lambat
|
Pada bagian ini, saya berusaha mendiferensiasi pembelajaran dengan
mempertimbangkan kesiapan belajar kimia peserta didik. |
B. Pemetaan Kebutuhan Belajar
Berdasarkan Minat
Tujuan Pembelajaran: Melalui pembelajaran diferensiasi ini menuntut
peserta didik untuk mengamati (membaca) permasalahan,
menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya,peserta didik dapat mengidentifikasi beberapa reaksi kimia yang terjadi disekitar
kita mendeskripsikan pengertian laju reaksi, menjelaskan faktor-faktor yang
mempengaruhi laju reaksi.Tabel 1. Pemetaan Kebutuhan Belajar Berdasarkan Kesiapan
Belajar Peserta didik
Tabel 2. Pemetaan
Kebutuhan Belajar Berdasarkan Minat
Minat |
Menulis dan Membaca |
Berbicara |
Video Maker |
Nama Peserta Didik |
- Rezyta
Jessica Ludong
-
Sri Indah Ramadhani - Muh.
Idham Putra Farcha - M.
Shandria Ady Winata
|
- Alyaa
Iralsyah Hamzan - Nanda
Dhela azzahra - Nadila
Faliha - Azzahra
Nurrahmah - Zaskia
Latifa Rizqi M - Muhammad
Rifqy Al Kautsar - Amelia
Firman - Sitti
Fatimah Nikmatullah Ayusar - Dina
Paramitha Chandra - Rifky
Kautsar - Ifhat
Resky Aulia - Sri
Wahyu Dewi Setyoroni - Andi
aletha Tivarra Aulia P
Dijadikan 3 kelompok sebagai perbandingan |
- Hesti
Juwita - Siti
Nur Fauziyah - M.
Yan Ramdhan - Zachra
Chelsea
|
Produk |
Menyelesaikan tugas
dalam bentuk tulisan yang mereka upload dalam bentuk pdf, atau berupa
infografis sesuai dengan
Minat mereka. |
Menyelesaikan tugas
dalam bentuk berupa
voice note atau rekaman suara mereka
menjelaskan penyelesaian soal sesuai dengan Minat mereka. |
Menyelesaikan tugas
dalam bentuk video
rekaman penjelasan soal yang mereka selesaikan.sesuai dengan Minat mereka. |
Pada bagian ini, saya berusaha mendiferensiasi
pembelajaran dalam penyelesaian tugas/ tagihan dengan mempertimbangkan minat belajar mereka. |
C. Pemetaan
Belajar berdasarkan Profil Belajar Peserta didik
Tujuan Pembelajaran: Melalui pembelajaran diferensiasi ini menuntut peserta didik untuk mengamati
(membaca) permasalahan, menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya,peserta
didik dapat mengidentifikasi beberapa reaksi kimia yang
terjadi disekitar kita mendeskripsikan pengertian laju reaksi, menjelaskan
faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.Tabel 1. Pemetaan Kebutuhan Belajar Berdasarkan Kesiapan
Belajar Peserta didik
Tabel 3. Pemetaan Kebutuhan
Belajar Berdasarkan Profil Belajar Peserta didik
Belajar Peserta didik |
Sumber belajar, tagihan berupa
Teks, gambar (Visual) |
Sumber belajar, tagihan berupa Audio |
Sumber belajar, tagihan berupa Video |
Nama Peserta didik |
- Rezyta
Jessica Ludong
-
Sri Indah Ramadhani - Muh.
Idham Putra Farcha - M.
Shandria Ady Winata
|
- Alyaa
Iralsyah Hamzan - Nanda
Dhela azzahra - Nadila
Faliha - Azzahra
Nurrahmah - Zaskia
Latifa Rizqi M - Muhammad
Rifqy Al Kautsar - Amelia
Firman - Sitti
Fatimah Nikmatullah Ayusar - Dina
Paramitha Chandra - Rifky
Kautsar - Ifhat
Resky Aulia - Sri
Wahyu Dewi Setyoroni - Andi
aletha Tivarra Aulia P
Dijadikan 3 kelompok sebagai perbandingan |
- Hesti
Juwita - Siti
Nur Fauziyah - M.
Yan Ramdhan - Zachra
Chelsea
|
Proses |
Saat memberikan materi ataupun proses diskusi, guru menyediakan
sumberbelajar berupa modul
atau buku teks yang mereka
sudah miliki (menunjukkan halaman berapa materi
dimuat) |
Saat memberikan materi ataupun proses
diskusi, guru memberi penjelasan langsung kemudian siswa diminta mendengarkan dan memberi
tanggapan atau pertanyaan |
Saat
memberikan materi ataupun proses diskusi, guru memberikan link
YouTube berupa video. |
Produk |
Peserta didik diberi pilihan cara dalam menyelesaikan
tugas/ tagihan mereka terkait tujuan pembelajaran.
Mereka dapat memilih bentuk tagihan apakah berupa tulisan yang mereka
upload dalam bentuk pdf, atau berupa infografis bagi mereka yang menyukai dan berbakat dalam membuat presentasi,
berupa voicenote atau rekaman suara mereka
menjelaskan penyelesaian soal,
atau berupa video rekaman penjelasan soal yang mereka selesaikan. |
||
Pada bagian
ini, saya berusaha mendiferensiasi pembelajaran dalam memberikan materi dan tugas/ tagihan dengan
mempertimbangkan profil belajar
peserta didik (Gaya Belajar) |
KSE yang dikembangkan |
Cara
Penerapan |
Tujuan |
Yang
Dilakukan Guru |
Hal penting yang harus disampaikan kepada
peserta didik |
Kesadaran Diri |
Guru memulai
dengan kegiatan Rutin membuka
dan menutup kelas (salam, memberi apersepsi dan memotivasi
peserta didik saat membuka dan berdoa). |
-
Berdoa sebagai upaya ibadah kepada ALLah -
Mengetahui kesiapan belajar peserta didik -
Memotivasi belajar peserta didik -
Meningkatkan kemampuan berpikir peserta didik |
Guru membuka
dan menutup pelajaran dengan salam dan berdoa Guru memberikan apersepsi dan memotivasi peserta didik sebelum memulai pelajaran dikaitkan dengan materi yang akan dipelajari, yaitu laju
Reaksi |
Sebelum kita mulai/tutup pembelajaran hari ini, Marilah
kita berdoa terlebih dahulu
agar ilmu yang akan kita pelajari dimudahkan dan menjadi ilmu yang bermanfaat dan barokah. Materi
yang akan kita pelajari hari ini adalah Laju
Reaksi. Guru memberikan gambaran tentang Laju
Raksi pada kehidupan sehari-hari dan menyampaikan tujuan pembelajaran. |
Pengelolaan Diri |
Guru mengajak peserta didik melakukan melakukan teknik bernafas dengan kesadaran
penuh untuk memusatkan perhatian. (Terintegrasi dalam pembelajaran) |
- Melatih konsentrasi siswa dan fokus
pada tujuan pembelajaran hari ini.
|
-Guru meminta
peserta didik menonton sebuah
video pembelajaran. -Guru meminta
peserta didik menarik nafas
secara teratur untuk
menenangkan diri supaya
dapat berkonsentrasi. |
Silahkan
kalian menarik nafas dalam- dalam
dan keluarkan secara perlahan. Atur pernafasan kalian, Tenangkan diri kalian, dan mulailah fokus. Siap mengikuti pelajaran hari ini? |
Keputusan
yang Bertanggung Jawab |
Guru mengingatkan kembali tentang kesepakatan kelas yang sudah
dibuat. (Rutin) Guru membuat rangkuman /simpulan pelajaran tentang hal-hal penting
yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan, kemudian menyampaikan
garis besar materi pembelajaran berikutnya. Dan, merefleksikan hasil yang didapat dalam pembelajaran hari ini dan mengevaluasi kekurangan untuk memperbaiki diri di pembelajaran berikutnya. (Rutin dan Terintegrasi dalam pembelajaran ) |
-
Membantu guru dalam melakukan bentuk penilaian terhadap kemampuan peserta
didiknya. -
Membantu guru dalam memilih
bentuk evaluasi selanjutnya. |
-Guru
mengingatkan kesepakatan kelas
yang sudah dibuat, seperti saling menghargai perbedaan, tepat waktu, disiplin mengumpulkan tugas dll). - Guru menanyakan hal-hal
apa saja yang sudah kita
pelajari hari ini, hal apa yang
menarik, hal apa yang masih
kalian bingungkan, dan apa kesimpulan pelajaran hari ini? |
- Sebelum
masuk diskusi dengan
kelompok yang sudah terbentuk, Ibu mengingatkan kembali
tentang kesepakatan kelas
kita, Mohon tetap dilakukan dan jangan dilanggar yaa...Apakah kalian masih
ingat? -Peserta didik diminta menuliskan umpan balik sebagai
evaluasi pembelajaran hari
ini, menuliskan secara
jujur kelebihan dan kekurangan diri serta motivasi apa agar ia bisa memperbaiki dirinya untuk pembelajaran selanjutnya. |
Kemampuan Berelasi |
Meminta peserta
didik untuk memberi tanggapan, baik pertanyaan ataupun jawaban terhadap pertanyaan yang muncul dari materi operasi aljabar pada suku banyak.
(Terintegrasi dalam
pembelajaran) |
-
Saling berbagi informasi dan
tanggap terhadap masalah
orang lain. -
Saling bertukar pikiran untuk
menyelesaikan masalah |
-
Guru meminta peserta
didik membaca materi yang ada di buku Paket atau memutar video
pembelajaran di link youtube. -
Guru meminta siswa menyampaikan segala permasalahan. -
Guru meminta siswa lain mendengarkan, menanggapi atau menjawab masalah
tersebut. |
Semua peserta didik perlu menjadi pendengar yang baik, menghormati setiap pertanyaan yang disampaikan, menghargai pendapat/jawaban peserta
didik lain. Peserta
didik yang pintar tidak boleh pelit informasi dan harus menularkan ilmunya untuk teman
lain. Karena kita makhluk sosial kita suatu saat pasti
membutuhkan bantuan orang
lain sehingga kita harus saling
membantu teman yang kesulitan asalkan
saat yang baik
bukan waktu ulangan. |
Kesadaran Sosial |
Presentasi Kelompok (Terintegrasi dalam
pembelajaran) |
-
Saling tukar ilmu atau ide -
Belajar berkomunikasi sosial serta
cara berinteraksi sosial
yang baik antar teman -
Belajar saling menghormati dan menghargai perbedaan pendapat |
- Guru mempersilahkan perwakilan dari setiap kelompok untuk mempresentasikan hasil pekerjaannya. |
Setiap peserta didik harus bisa mengapresiasi, menghormati dan menghargai pendapat dari kelompok lain.
Jika, memang perlu
adanya pertanyaan atau tanggapan, sampaikan dengan cara yang sopan, bukan
menghakimi kesalahan atau sengaja menguji
kemampuan kelompok lain. |
Sekolah : SMAN 2 Makassar
Kelas / Semester : XI/ Ganjil
Fase : F
Tahun pelajaran : 2022-2023
Topik : Laju Reaksi
Alokasi Waktu : 5 JP ( 2 Kali Pertemuan)
(2 Kali Pertemuan @ 2JP x 45 Menit
A. INFORMASI UMUM |
|
Identitas Penulis Modul |
Rezky Kurniah Syan, S.Pd |
Kompetensi Awal |
Kompetensi Awal yang
harus dimiliki sebelum mempelajari pokok bahasan ini yaitu peserta didik telah: 1. Mempelajari
reaksi-reaksi kimia 2 Mempeljari
termokimia |
Profil Pelajar Pancasila |
Gotong royong,
bernalar kritis dan kreatif |
Sarana dan Prasarana |
Modul, bahan ajar,
Laptop, Smart TV, internet, alat tulis,
karton untuk media lapbook dan Gawai |
Target Peserta Didik |
100% Peserta didik
kompeten Jumlah Peserta Didik:
21 Orang di XI Mia 4 |
Rasionalisasi |
Urutan Materi Pembelajaran Pengertan Laju Reaksi Faktor-faktor yang mempengaruhi Laju Reaksi |
Model Pembelajaran |
Deferensiasi Learning
dengan Alur MERDEKA |
Metode Pembelajaran |
Alur Merdeka, Diskusi,
prenstasi, unjuk kerja Penugasan, tanya jawab, dan assesmen |
B. KOMPETENSI INTI |
||
Topik |
Laju Reaksi |
|
Elemen |
Pemahaman Kimia dan keterampilan Proses |
|
Capaian Pembelajaran |
Peserta didik mampu
menerapkan operasi matematika dalam perhitungan kimia; mempelajari sifat,
struktur dan interaksi partikel dalam membentuk berbagai senyawa; memahami
dan menjelaskan aspek energi, laju dan kesetimbangan reaksi kimia;
menggunakan konsep asam-basa dalam keseharian; menggunakan transformasi
energi kimia dalam keseharian; memahami kimia organik. Peserta didik mampu
menjelaskan penerapan berbagai konsep kimia dalam keseharian dan menunjukkan
bahwa perkembangan ilmu kimia menghasilkan berbagai inovasi. Peserta didik
memliki pengetahuan Kimia yang lebih mendalam sehingga menumbuhkan minat
sekaligus membantu peserta didik untuk dapat melanjutkan ke jenjang
pendidikan berikutnya agar dapat mencapai masa depan yang baik. Peserta didik
diharapkan semakin memiliki pikiran kritis dan pikiran terbuka melalui kerja
ilmiah dan sekaligus memantapkan profil pelajar pancasila khususnya jujur,
objektif, bernalar kritis, kreatif, mandiri, inovatif, bergotong royong, dan
berkebhinekaan global |
|
Tujuan Pembelajaran |
KH 1 |
Peserta didik dapat mengidentifikasi
beberapa reaksi
kimia yang terjadi
disekitar kita |
KH 2 |
Peserta didik dapat mendeskripsikan pengertian laju reaksi |
|
KH 3 |
Peserta didik dapat menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi melalui media lapbook dan presentasi |
|
Kata Kunci |
Reaksi kimia, laju reaksi dan factor-faktor laju reaksi |
|
Pemahaman
Bermakna |
||
Setelah mengikuti
pembelajaran ini, peserta didik mampu membedakan reaksi cepat dan reaksi
lambat, serta mengetahui factor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. |
||
Pertanyaan
Pemantik |
||
2. Apa yang kalian
ketahui tentang laju reaksi? |
||
Persiapan
Pembelajaran |
||
1. Mempersiapkan
bahan ajar terkait (Buku dan/atau bahan ajar lainnya seperti video
pembelajaran maupun podcast); 2. Menyalakan smart TV untuk menampilkan slide atau video pembelajaran
yang terkait; 4. Mempersiapkan lembar penilaian/assesmen; 5. Mempersiapkan materi pengayaan dan remedial; 6. Mempersiapkan perangkat assesmen. |
||
Rencana Assemen |
||
Assesmen Formatif: 1.
Asesmen Diagnostik awal 2.
Asesmen Formatif Proses Assesmen Sumatif : Soal pilihan ganda |
Pertemuan ke 1
Model Pembelajaran Deferensiasi
Learning
Kegiatan Pendahuluan
Aktivitas Guru |
Waktu |
Aktivitas Peserta Didik |
● Guru memulai dengan
kegiatan rutin membuka
kelas (salam, berdoa,
mengecek kehadiran memberi apersepsi dan memotivasi peserta
didik). ●
Guru mengajak peserta didik melakukan teknik bernafas dengan kesadaran penuh untuk memusatkan perhatian. ●
Guru menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh. |
5
menit |
·
Membaca doa,
menunjukkan kehadiran, dan memperhatikan hal yang disampaikan guru ·
Melakukan teknik bernafas dengan kesadaran penuh untuk memusatkan perhatian.
|
Menyampaikan tujuan pembelajaran
yang terkait materi pembelajaran |
|
Menulis tujuan pembelajaran |
Kegiatan Inti/Pembelajaran
Kegiatan Penutup
Aktivitas Guru |
Waktu |
Aktivitas
peserta didik |
1.
Menutup pembelajaran
dengan kegiatan refleksi 2.
Berdo’a dan
menyampaikan materi pertemuan selanjutnya |
15
menit |
Melakukan
refleksi dan berdo’a |
ASSESMEN
Asesmen Pembelajaran
a. Asesmen Formatif
1. Asesmen Diagnostik awal
Jenis |
Bentuk |
Tujuan
Pembelajaran |
Kognitif (kemampuan awal) |
Tes tertulis melalui quiziz https://quizizz.com/admin/quiz/636301a924cf04001e2eaaba?source=quiz_share
|
1. Mengidentifikasi reaksi yang berjalan cepat dan reaksi yang berjalan
lambat melalui pengamatan reaksi sederhana di kehidupan sehari-hari. 2. Menjelaskan pengertian laju
reaksi dengan mengaitkan rumus konsep laju. 3. Mengidentifikasi
faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi melalui pengamatan reaksi
sederhana dengan mengaitkan literatur yang telah dikaji. |
Non Kognitif |
Gaya belajar
(https://bit.ly/3sQRbfY)
|
Visual, Audiotory, Kinestetik |
Sarana dan
prasarana |
Smartphone dan jaringan |
|
Motivasi Belajar (https://forms.gle/N5tU8xgjbf1vdEVv7)
|
Tinggi, sedang, rendah |
|
Minat pembuatan karya |
Mind map, podcast, slide presentasi, video, infografis, makalah/ artikel. |
2.
Asesmen Formatif Proses
a) Proses Diskusi
Tujuan Pembelajaran |
Bentuk/Teknik Penilaian |
Panduan
penilaian |
Melalui diskusi kelompok peserta didik mampu mengidentifikasi reaksi yang berjalan cepat dan reaksi yang berjalan lambat |
Kajian literatur,
penugasan, presentasi hasil karya |
Penilaian dari Guru |
Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat menjelaskan pengertian laju
reaksi dengan mengaitkan rumus konsep laju reaksi |
||
Melalui diskusi kelompok,
peserta didik mampu mengidentifikasi faktor-faktor laju reaksi yang
mempengaruhi laju reaksi. |
b)
Proses presentasi
No. |
Indikator Penilaian |
Kriteria Penilaian |
|||
Kurang (1 poin) |
Cukup (2 poin) |
Baik (3 poin) |
Sangat Baik (4 poin) |
||
1 |
Sistematika Presentasi |
Materi presentasi diajukan secara tidak runtut
dan tidak sistematis |
Materi presentasi Diajukan secara kurang runtut
dan tidak sistematis |
Materi presentasi diajukan
secara runtut tetapi kurang sistematis |
Materi presentasi diajukan secara runtut dan sistematis |
2 |
Penggunaan bahasa |
Menggunakan bahasa yang baik, kurang baku, dan tidak terstruktur |
Menggunakan
bahasa yang baik, kurang baku, dan terstruktur |
Menggunakan bahasa yang baik, baku,
tetapi kurang terstruktur |
Menggunakan bahasa yang baik, baku dan terstruktur |
3 |
Kejelasan
menyampaikan |
Artikulasi kurang jelas, suara tidak terdengar, bertele-tele |
Artikulasi
jelas, suara terdengar, tetapi bertele-tele |
Artikulasi kurang jelas, suara
terdengar, tidak bertele-tele |
Artikulasi jelas, suara terdengar, tidak bertele-tele |
4 |
Komunikatif |
Membaca catatan sepanjang
menjelaskan |
lebih banyak menatap catatan saat menjelaskan dari pada audiens |
lebih banyak menatap audiens saat menjelaskan dari pada catatan, tanpa ada gestur tubuh |
lebih banyak menatap audiens saat menjelaskan dari pada catatan, dan menggunakan gestur yang membuat audiens memperhatikan |
|
Kebenaran
Kinser |
Menjelaskan 1 dari 4 konsep esensial dengan benar |
Menjelaskan 2 dari 4 konsep esensial dengan benar |
Menjelaskan 3 dari 4 konsep esensial dengan benar |
Menjelaskan seluruh konsep esensial dengan benar |
c)
Asesmen
ketercapaian tujuan pembelajaran
Soal pilihan
ganda menggunakan quiziz
https://quizizz.com/admin/quiz/638c644b1f0cc3001d0b4264?source=quiz_sha
Refleksi
Refleksi Guru |
Refleksi Peserta Didik |
Bagaimana perkembangan
pengetahuan peserta didik setelah anda melakukan pengajaran? |
Hal baru apa yang Anda
peroleh setelah mengalami proses pembelajaran? |
Bagaimana tanggapan
peserta didik terhadap materi ajar yang disampaikan |
Bagaimana perasaan
Anda selama proses pembelajaran dilaksanakan? |
Bagaimana perasaan
Anda ketika mengajar dan berinteraksi dengan orang lain? |
Hal apa yang belum
Anda pahami dari materi yang disampaikan? |
Kendala apa yang Anda
alami ketika melakukan proses pengajaran? |
Hal apa yang ingin
Anda pahami lebih mendalam? |
Apa yang ingin Anda
lakukan pada proses pembelajaran selanjutnya? |
Metode pembelajaran
apa yang paling Anda senangi? |
Dalam hal apa peserta
didik mengejutkan Anda
hari ini?
|
|
Seberapa jauh peserta didik
dapat mengerti pembelajaran hari ini?
|
|
Bagaimana cara Anda berkomunikasi dengan
peserta didik Ketika
mengajar dan dengan orang lain hari
ini dan bagaimana cara agar Anda bisa berkomunikasi lebih baik?
|
|
Pengayaan
1. Materi
a. Melihat video faktor-faktor
laju reaksi secara mendalam melalui link berikut;
https://www.youtube.com/watch?v=QtJbSSXfWLk
https://www.youtube.com/watch?v=JWRH5mibIws
b. Menonton praktikum virtual
mengenai faktor-faktor laju reaksi melalui link https://www.youtube.com/watch?v=PH4LpoiXE0Y
https://www.youtube.com/watch?v=GCt-qM0WW-4
c.
Mendengarkan
podcast pembelajaran kimia
https://open.spotify.com/episode/32CzoHPp3C8P7U6vJPG2BL?si=nOgYiJMBRDeRW
2. Evaluasi
Mengerjakan
soal game pada link https://wordwall.net/id/resource/5630612/game-laju-reaksi-kimia
Remidial
1.
Materi
a.
Peserta didik diberikan rangkuman
mengenai faktor laju reaksi baik itu berupa mind mapping dan infografis melalui
https://id.pinterest.com/pin/585819864038690550/
b.
Menonton video pembelajaran https://www.youtube.com/watch?v=eZxtSQz1gE4&t=121s
c.
Mendengarkan
podcast pembelajaran kimia
https://open.spotify.com/episode/32CzoHPp3C8P7U6vJPG2BL?si=nOgYiJMBRDeRW
2.
Evaluasi
a.
Mengerjakan soal berbasis
game melalui https://wordwall.net/resource/3474740/game-laju-reaksi
Aktivitas Peserta Didik
Aktivitas peserta didik dapat dilihat
pada LKPD yang terlampir. Peserta didik melaksanakan pembelajaran alur merdeka
dan mendiskusikan pertanyaan berikut:
1. Apa itu laju reaksi
2. Jelaskan faktor-faktorlaju
reaksi
Daftar Pustaka/
Daftar Bacaan untuk Guru dan
Siswa
Audio pembelajaran reaksi
cepat dan reaksi lambat, serta pengertian laju reaksi https://open.spotify.com/episode/3y8Q1noQX9KRxvuhTWbVkh?si=Imo9A31BROi8K_9NcKzT3Q&utm_source=copy-link
Audio
pembelajaran faktor-faktor laju reaksi
Video pembelajaran https://www.youtube.com/watch?v=eZxtSQz1gE4&t=121s
Video pembelajaran https://www.youtube.com/watch?v=pRWSzuruS5s
Video Pembelajaran https://www.youtube.com/watch?v=QtJbSSXfWLk
Video pembelajara https://www.youtube.com/watch?v=JWRH5mibIws
Infografis pengertian laju
reaksi https://id.pinterest.com/pin/585819864038690550/
Sriyanto, Wahyu. 2020. Modul
Pembelajaran Kimia SMA Kelas XI. Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
XI_Kimia_KD 3.6_Final.pdf
Sucipto. 2019. E-Modul Kimia
Kelas XI. Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kelas XI_Kimia_KD 3.6.pdf
Jurnal Kimia
http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/Kimia/article/view/2297
https://staff.ui.ac.id/system/files/users/tania.surya/publication/kinetikareaksi.pdf
http://jtk.unsri.ac.id/index.php/jtk/article/view/137
penilaian
Rubrik Penilaian Produk Infografis (Visual)
Petunjuk:
1.
Mohon memberi tanda centang (√ )
pada angka – angka 1, 2, 3, atau 4 di bawah kolom skor berikut ini untuk
memberikan skor penilaian terhadap produk yang dibuat oleh peserta didik pada
tiap aspek yang diobservasi.
2.
Kriteria
·
Skor 1 : Sangat Kurang Baik
·
Skor 2 : Kurang Baik
·
Skor 3 : Baik
·
Skor 4 : Sangat Baik
3.
Identitas peserta didik
Nama Peserta Didik :……………………………………
Kelas :……………………………………
Indikator Penilaian |
Skor |
|
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
|
|
A. Tampilan |
|||||
1. Tipe |
|
|
|
|
|
2. Layout Desain Infografis |
|
|
|
|
|
3. Visualisasi |
|
|
|
|
|
4. Font |
|
|
|
|
|
5. Warna |
|
|
|
|
|
B. Materi |
|||||
1. Isi |
|
|
|
|
|
2. Topik |
|
|
|
|
|
3. Arus informasi |
|
|
|
|
|
4. Referensi |
|
|
|
|
|
RUBRIK PENILAIAN PRODUK REKAMAN (AUDITORI)
Petunjuk:
1.
Mohon memberi tanda centang (√ )
pada angka – angka 1, 2, 3, atau 4 di bawah kolom skor berikut ini untuk
memberikan skor penilaian terhadap produk yang dibuat oleh peserta didik pada
tiap aspek yang diobservasi.
2.
Kriteria
·
Skor 1 : Sangat Kurang Baik
·
Skor 2 : Kurang Baik
·
Skor 3 : Baik
·
Skor 4 : Sangat Baik
3.
Identitas peserta didik
Nama Peserta Didik :……………………………………
Kelas :……………………………………
Indikator Penilaian |
Skor |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
|
A. Pengorganisasian Penyajian |
||||
1.
Kesesuaian penyajian dengan topik |
|
|
|
|
2.
Penggunaan waktu penyajian secara
efektif |
|
|
|
|
3.
Penyajian materi dilakukan secara
teratur dan berurutan |
|
|
|
|
4.
Penampilan penyajian |
|
|
|
|
5.
Artikulasi penyajian |
|
|
|
|
B. Komunikasi |
||||
1.
Penyaji berbicara dengan jelas
dan lancar |
|
|
|
|
2.
Menguasai materi yang disampaikan |
|
|
|
|
C. Materi |
||||
1.
Kelengkapan isi |
|
|
|
|
2.
Kelengkapan konstruksi |
|
|
|
|
3.
Orisinalitas |
|
|
|
|
RUBRIK PENILAIAN PRODUK VIDEO (KINESTETIK)
Petunjuk:
1.
Mohon memberi tanda centang (√ ) pada
angka – angka 1, 2, 3, atau 4 di bawah kolom skor berikut ini untuk memberikan
skor penilaian terhadap produk yang dibuat oleh peserta didik pada tiap aspek
yang diobservasi.
2.
Kriteria
·
Skor 1 : Sangat Kurang Baik
·
Skor 2 : Kurang Baik
·
Skor 3 : Baik
·
Skor 4 : Sangat Baik
3.
Identitas peserta didik
Nama Peserta Didik :……………………………………
Kelas :……………………………………
Indikator Penilaian |
Skor |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
|
A. Narasi Video |
||||
1.
Permasalahan yang ditampilkan
berhubungan dengan materi |
|
|
|
|
2.
Penyajian menarik |
|
|
|
|
B. Kualitas Video |
||||
1.
Resolusi gambar baik |
|
|
|
|
2.
Gambar berwarna |
|
|
|
|
3.
Audio jelas |
|
|
|
|
C. Isi Materi |
||||
1.
Poin – poin penyampaian mencakup
keseluruhan materi |
|
|
|
|
2.
Alur poin materi jelas |
|
|
|
|
3.
Sumber materi akurat |
|
|
|
|
D. Kualitas Bahasa |
|
|
|
|
1.
Menggunakan bahasa mudah dipahami |
|
|
|
|
2.
Kalimat mudah dipahami |
|
|
|
|
3.
Teratur |
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar